Bagaimana Kita Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Meneruskan Investasi ?

Kita semua telah diberitahu berulang-ulang kali oleh banyak sumber, dimana kita harus menempatkan uang tersebut. Bahkan kebanyakan orang dapat menyebutkan waktu saat mereka tergoda untuk berinvestasi dalam “hal yang pasti” atau “banyak sekali”. Tetapi nasihat tentang kapan tidak berinvestasi justru datang  dalam porsi yang jauh lebih sedikit.  Hanya sedikit orang yang datang membenturkan pintu ke arah anda dengan membawa peringatan tentang produk yang tidak harus anda investasikan didalamnya. Jadi, ini adalah beberapa tips yang layak untuk diikuti yang dapat membantu anda untuk menghindari beberapa perangkap investasi didalam ide yang buruk.

  1. Memahami hal-hal yang anda investasikan

Banyak ide-ide investasi yang terdengar menjanjikan pada awalnya. Tetapi jika anda tidak benar-benar memahami produk dan hal-hal yang anda investasikan didalamnya, ide bagus anda bisa berubah menjadi ide buruk dengan sangat cepat. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mengajukan banyak pertanyaan sebelum anda berinvestasi. Bahkan anda perlu menanamkan peringatkan ke dalam otak anda, hanya berbicaralah dengan seorang investor yang berpikir investasi di sekuritas berbasis hipotek adalah ide yang baik, sebelum runtuhnya pasar real estate kembali pada tahun 2007. Efek ini menawarkan tingkat bunga tertinggi dan sering dinilai investasi yang layak. Tetapi masalahnya adalah beberapa orang mengerti hal ini berasal dari mana. Jika manager keuangan telah meluangkan waktu untuk melihatf dibawah obligasi ini, mereka akan melihat sekelompok investasi hipotek yang sangat beresiko yang sangat beracun. Moral dari cerita ini adalah mengetahui apa yang anda investasikan didalamnya. Dan jika setelah bertanya banyak pertanyaan dan anda masih tidak mengerti bagaimana kinerja dari produk tersebut maka kemungkinan anda harus menjauhinya.

  1. Tidak mudah untuk menjualnya? Maka jauhilah segera

Investasi untuk jangka panjang umumnya merupakan ide yang baik. Misalnya, tinggal di pasar saham di selama masa tertinggi dan terendah sering sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Bahkan seringkali bukan ide yang baik untuk berada di pasar setiap kali ada beberapa volatilitas. Tetapi anda ingin memiliki pilihan untuk keluar jika anda mau. Itulah mengapa anda harus menghindari investasi yang menyimpan uang anda dimana diikat dalam hitungan bulan atau tahun. Tidak ada satupun yang memiliki bola sihir, dan jika anda tidak bisa mendapatkan akses ke dalam uang saat anda menginginkan atau membutuhkannya, atau saat dimana investasi tersebut anjlok, maka anda bisa kehilangan banyak uang. Cari tahu tentang pembatasan pengeluaran dana sebelum anda memutuskan untuk menyimpan uang disana. Anda tentu tidak ingin dana tersebut menolak akses anda ke dalam uang saat anda membutuhkannya.

  1. Mendapatkan gambaran resiko yang jelas

Seringkali hadiah dari investasi yang berpotensi diuraikan dengan jelas, tetapi resiko, tidak seperti itu. Itulah mengapa anda perlu melakukan pekerjaan rumah. Yang benar adalah memahami resiko yang terlibat saat menempatkan uang anda didalam investasi tertentu yang sama pentingnya saat anda memahami manfaat yang mungkin anda capai ke depannya. Kita semua ingin mendengar kabar tentnag seberapa banyak uang yang kita masukkan untuk membangun investasi, tetapi anda tentu juga ingin memahami seberapa banyak uang yang bisa kita derita kerugian.

  1. Kompleks tidak berarti menguntungkan

Seringkali para investor tertipu saat berpikir bahwa produk investasinya kompleks maka kemungkinan akan menguntungkan karena hanya investor berpengalaman saja yang dapat memahami cara kerjanya. Tetapi ini tidak selalu terjadi. Sebuah strategi investasi yagn sederhana dapat menambahkan banyak keuntungan dalam portofolio-nya. Lihat saja munculnya pasar saham selama beberapa tahun terakhir, dan anda akan melihat bukti bagaimana investasi sederhana bisa sangat menguntungkan pada akhirnya.

  1. Kata kuncinya adalah sadar diri

Sejumlah investasi datang dengan kata-kata dalam literaturnya yang harus segera menaikkan beberapa bendera merah. Bahkan hal terbaiknya adalah menghindari investasi yang menggunakan bahasa gaul saat menggambarkan investasi dan cara kerjanya. Sederhananya, bahasa yang jelas tentu selalu lebih baik.

  1. Menghindari biaya berkomisi tinggi

Ada banyak perantara didalam dunia investasi. Mereka dibayar untuk mendapatkan anda guna membeli dan menjual produknya; lalu mereka mengambil hasil didalam proses tersebut. Jadi, ada sedikit dorongan bagi makelar atau penasihat untuk menyarankan anda melakukan pembelian atau penjualan. Itulah penting bagi anda untuk bertanya dan mendapatkan pendapat lain sebelum menempatkan uang ke produk investasi yang mungkin saja bukanlah ide baik untuk anda, tetapi orang lain dengan sangat yakin berharap anda dapat melakukan investasi didalamnya. Tentu saja, beberapa bentuk komisi atua biaya akan hadir saat anda membeli sebagian produk investasi, tetapi membayar komisi terlalu tinggi hanya akan membantu makelar anda menjadi kaya, bukan anda. Sebuah alternatif untuk berinvestasi didalam dana dengan biaya tinggi atau menggunakan makelar untuk membeli saham dalam akun anda adalah dengan berinvestasi dalam dana indeks yang murah. Dana ini umumnya memiliki atau dipasang dengan biaya terkecil.

  • Kesimpulan

Mengetahui segala sesuatu yang bisa anda investasikan didalam adalah hal terpenting, tetapi mengetahui apa yang tidak boleh anda investasikan juga sama pentingnya. Jika anda tidak mengenal produk investasi atau biaya ataupun komisi yang terlihat maka itu bukanlah investasi yang tepat untuk anda.